(024) 76918201 (024) 76918202 (024) 76918206 fh@live.undip.ac.id
Pilih Laman
Universitas Diponegoro

International Undergraduate Program ( IUP )
Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas Diponegoro merupakan fakultas pertama di Universitas Diponegoro ketika didirikan pada tahun 1957.  International Undergraduate Program (IUP) merupakan kelas khusus pada program sarjana (S-1) yang berada dibawah koordinasi program Sarjana Hukum Universitas Diponegoro. Program ini dirancang untuk memberikan pendidikan Hukum yang terbaik bagi mahasiswa dengan kemampuan akademik yang luar biasa. Program ini terdiri dari 144 poin kredit, dengan masa studi selama 3,5 – 4 tahun. Kegiatan perkuliahan menggunakan  bahasa pengantar dwi bahasa, yakni Bahasa  Inggris dan Bahasa Indonesia.

ISI PERKULIAHAN

Kurikulum perkuliahan  pada International Undergraduate Program dirancang agar mahasiswa memperoleh berbagai keterampilan dan pengetahuan praktis di bidang hokum yang dapat diaplikasikan dalam menangani berbagai masalah hokum dalam lingkup nasional maupun internasional meliputi : transaksi komersial dan bisnis, kontrak hokum, penyelesaian sengketa hokum, perselisihan pemilihan umum, seni negosiasi, keadilan social dan hak asasi manusia.

International Undegraduate Program ini membekali mahasiswa dengan kecakapan untuk mempraktikkan kemampuannya di bidang hukum. Ruang lingkup tingkatan pembelajaran meliputi sejumlah aspek antara lain praktik hukum, ilmu hukum, teori hukum, hingga filsafat hokum. Kurikulum perkuliahan  program ini  juga mencakup pemberian pelatihan penelitian yang sistematis.

Alumni International Undergraduate Program mempunyai peluang dan kesempatan untuk  meneruskan studinya pada jenjang Master dan Doktor di dalam maupun luar negeri. Program ini mengakomodasi kebutuhan mahasiswa dengan menawarkan berbagai macam kegiatan bertaraf internasional dalam mengembangkan minat , ide dan talentanya seperti Visiting Judicial Fellows, Visiting Professor/ Visiting Lecture , International Seminar, Student Exchange dan Summer Course. Pada tahun terakhir perkuliahan, mahasiswa akan diajarkan mata kuliah ketrampilan dan pengetahuan yang dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam menganalisa, memberikan argument hokum, penelitian, negosiasi, mediasi dan team work.

Magang

Untuk mengambil praktek kerja (magang) dan skripsi, para mahasiswa kelas International Undergraduate Program harus memenuhi sejumlah  persyaratan berikut:

  1. Telah mencapai total 115 kredit.
  2. lulus atau sedang mengikuti mata kuliah Research Methods and Legal Writing Course The Internship dimulai setelah semester 5.
  3. Jangka waktu program magang berlangsung selama 1 (satu) bulan atau 30 (tiga puluh) hari.
  4. Lokasi magang adalah lembaga pemerintah / swasta dan tidak dimiliki oleh individu.

 

IUP

 International Exposure  Program

International Exposure Program adalah sejumlah kegiatan  akademik tingkat Internasional yang diwajibkan bagi setiap mahasiswa  International Graduate  Program agar dapat lulus dari program sarjana hukum di Universitas Diponegoro. Sejumlah kegiatan akademik tingkat internasional yang wajib diikuti oleh mahasiswa International Undergraduate Program antara lain

  • Resmi : Pertukaran mahasiswa melalui universitas mitra resmi , Visiting Profesor / Visiting Lecture Program ;
  • Tidak resmi / individu: Summer Course, Short Course , Sit in pada universitas mitra  luar negeri
  • Kompetisi Internasional: Kompetisi pengadilan Semu tingkat internasional dll.

Mengapa Belajar Hukum Dengan Kami ? 

Fakultas Hukum Universitas Diponegoro merupakan  salah satu fakultas hukum terbaik dan paling terkemuka di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan predikat Akreditasi A yang diperoleh oleh seluruh program studi yang berada di bawah koordinasi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk periode tahun 2020-2025. Penilaian akreditasi ini didasarkan pada sejumlah komponen survei antara lain kepuasan mahasiswa atas system pembelajaran, fasilitas infrastruktur serta kepuasan alumni dan pengguna lulusan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Kurikulum perkuliahan dirancang untuk menumbuhkan teknik pembelajaran independen dan mengajarkan kemampuan analisis kritis terhadap materi hukum dan pengembangan keterampilan hukum.  Budaya pembelajaran pada fakultas hokum universitas Diponegoro dibangun dan diaplikasikan  dalam suasana modern, beragam, dan ramah pengguna. Mata kuliah yang disusun dalam kurikulum  disesuikan dengan kebutuhan  praktek  profesi hokum.

Mata kuliah yang disusun untuk  meningkatkan kemampuan kerja mahasiswa dalam menganalisa kebijakan, koordinasi proyek, kecakapan administrasi keadilan, pengembangan sumber daya manusia serta profesi hokum dan paralegal. Sistem Perkuliahan mengembangkan keterampilan kolaboratif, komunikasi, dan presentasi yang dapat ditransfer.

Sistem pembelajaran berkontribusi dalam  menunjang misi penyelenggaraan pendidikan hukum guna mencetak para sarjana hukum yang kompeten , kompetitif dan progresif, Fakultas Hukum menetapkan standar profil lulusan  yang disebut dengan “The Seven Star “ yaitu  Law Policy Maker, Law Problem Solver, Negotiator, Entrepreneur, Communicator, Professional dan Leader.

PROSEDUR APLIKASI

  1. Calon mahasiswa dapat mengakses ke laman https://pendaftaran.undip.ac.id/ untuk melengkapi formulir aplikasi mereka.
  2. Pembayaran biaya pendaftaran melalui BNI, BRI,BTN, Mandiri. { Biaya pendaftaran IDR 1.000.000) Cetak kartu uji .  Peserta mengikuti tes online dan wawancara online.
  3. Ruang lingkup Tes seleksi meliputi :
  • Tes Skolastik (Figural, Verbal, Logika, Numerik)
  • Diponegoro English Test (Prediction TOEFL)
  • Interview in English.

Persyaratan masuk

Pengelola International Undergraduate Program membuka peluang bagi calon mahasiswa yang berasal dari Dalam Negeri dan Calon Mahasiswa Internasional  dengan sejumlah persyaratan berikut ini :

  • Lulusan SMA atau sederajatnya, seperti SMK, MA dan paket C tahun 2021, 2020 dan 2019;
  • Memenuhi syarat kesehatan fisik dan tidak buta warna yang ditetapkan oleh program studi ;
  • Maksimal usia 20 tahun ;
  • Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris berupa TOEFL IBT (70) dan IELTS Minimum Score (5,5).

Biaya Pendidikan International Undergraduate Program ( IUP)

  • Mahasiswa Domestik :
  • Biaya uang pangkal  sebesar Rp 50.000.000,00. ( dibayarkan pada semester pertama saja).
  • Biaya SPP sejumlah Rp 20.000.000/semester.

Mahasiswa internasional :

  • Biaya uang pangkal sebesar Rp 60.000.000,00. ( dibayarkan pada semester pertama saja).
  • Biaya SPP sejumlah Rp 25.000.000,00 / semester.

Info Pendaftaran Seleksi Penerimaan International Undergraduate Program

 Aplikasi Pendaftaran : 24 Februari – 30 April 2021

  • Uji Skolastik : 24 Mei 2021
  • Tes Wawancara : 25 Mei 2021
  • Penawaran penerimaan : 28 Mei 2021
  • Proses penerimaan dilakukan dibawah koordinasi Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Universitas Diponegoro.